free counter

Followers

http://www.emailcashpro.com

Hama pada Bonsai Kelapa

Diposkan oleh Patih (0010/SK/P.01/03) Minggu, 27 September 2009

Hama pada Bonsai Kelapa




Bonsai kelapa selain sulit melakukan proses pembuatannya, masalah yang harus dihadapi adalah sangat rentan terhadap sekali terhadap penyakit lainnya seperti hama. Jika ini dibiarkan, maka akan menghambat pertumbuhan pada Bonsai Kelapa dan menyebabkan daun menjadi layu.
Berikut adalah tips cara menanggani penyakit yang terdapat pada Bonsai kelapa.

Hama Penyakit pada bonsai Kelapa :

  1. Semut adalah musuh yang harus dihindari, jika ingin menghilangkan semut pada bonsai kelapa anda baiknya menggunakan deterjen ambil 1 -2 sendok deterjen lalu larutkan kedalam 500ml air, gunakan sikat gigi untuk menyikat batang, akar, dan daun pada bonsai kelapa lalu diamkan bonsai kelapa selama kurang lebih 1 jam, setelah itu bilas bonsai kelapa dengan air yang mengandung garam, setelah itu jemur kelapa ditempat yang panas, tutupi kentos (batok kelapa) dari sinar matahari agar tidak mudah rapuh.
  2.  Tikus sangat menyukai batang bonsai karena pada batang bonsai kelapa banyak mengandung zat gula, untuk menghindari bonsai kelapa dari serangan hama tikus baiknya menggunakan jengkol, caranya : carilah jengkol yang sangat tua lalu iris tipis dalam ukuran yang sangat kecil lalu taburkan irisan jengkol di atas tanah yang ditanami bonsai. Bau pada Jengkol akan menghindarkan kelapa agar tidak dimakan tikus, karena pada dasarnya tikus juga tidak menyukai bau jengkol.
  3.  Ulat Daun, ulat daun biasanya menyerang Daun dan tanah pada Bonsai untuk menghindari ulat daun baiknya tanah hingga permukaan tanah selalu di siram air garam (minimal 3 kali seminggu).
  4.  Kutu bulu putih (disebut DD), hama ini menempel di daun dan menghambat pertumbuhan, daun bercak-bercak kuning dan nampak jelek. Perawatan yang rutin dan pembersihan dapat menghilangkan hama ini..
Pencegahan : baiknya menggunakan deterjen ambil 1 -2 sendok deterjen lalu larutkan kedalam 500ml air hangat gunakan sikat gigi untuk menyikat batang, akar, dan daun pada bonsai kelapa lalu diamkan bonsai kelapa selama kurang lebih 1 jam, setelah itu bilas bonsai kelapa dengan air yang mengandung garam, setelah itu jemur kelapa ditempat yang panas, tutupi kentos (batok kelapa) dari sinar matahari agar tidak mudah rapuh.

Tanah yang baik untuk Bonsai Kelapa:
- Tanah yang mengandung Humus
- Tanah Merah
- Pasir Garam
- Arang
- Kotoran Kayu ( kayu suguan)
- Akar Pakis
- Sisa Pembakaran

Pupuk yang digunakan :
- Pupuk Kandang (Kompos)
- Stimulan (banyak terdapat di toko kimia atau toko tanaman hias)
- Sekam Padi
- Urea tablet
- Garam
- Vetsin ( Micin)

0 komentar

Posting Komentar

Masuk ke Facebook

Blog Archive