free counter

Followers

http://www.emailcashpro.com
Diposkan oleh Patih (0010/SK/P.01/03) Minggu, 18 Oktober 2009

Mempercantik Daun Bonsai kelapa

Mungkin bonsai kelapa yang kita buat memiliki batang muda (pelepah) yang besar dan daun yang lebar serta belum terurai atau pecah, sehingga membuat bonsai kelapa terlihat kurang sempurna. Agar bonsai yang anda miliki terlihat sempurna akan saya jelaskan bagaimana membuat batang muda (pelepah) menjadi kecil dan memiliki daun yang terurai tanpa mengalami proses pembusukan pada daun.

1.    saat pelepah terluar tumbuh dengan tinggi  ± 15 cm potong sisi kiri kanan pelepah agar pelepah terdalam terlihat, lakukan dengan hati-hati agar pelepah terdalam tidak tergores / terluka. Bengkokkan pelepah terluar dengan cara mengikat dengan tali plastic atau benang kenur, ikatlah diantara sela daun dan batang yg tua. Sehingga terlihat daun tersebut berjuntai.
2.    lakukan hal yang sama pada pelepah kedua setelah pelepah terluar maksimal 3 pelepah, hati-hati dalam proses pembengkokan, karena pelepah kedua masih berwarna hijau dan rentan mudah patah.
3.    jika daun masih terlihat membesar, maka potonglah pelepah terluar untuk membentuk batang baru, potonglah tiap pelepah terluar tiap 2 minggu sekali, jika pelepah yang dipotong sudah mengalami  proses pemotongan sebanyak 8 pelepah, maka tunas baru akan memiliki batang yang kecil dan daun yang kecil pula serta tiap helai daun akan terpecah dengan sendirinya.
Selamat mencoba,..!!
Jika anda memiliki pertanyaan komentarkan ke blog ini,..

0 komentar

Posting Komentar

Masuk ke Facebook

Blog Archive